Jumat, 23 Desember 2016

Perjalanan ke Bukit Jamur - Bengkayang, Kalimantan Barat

Hai Sobat kali ini saya mau share tentang perjalanan kami ke Bukit Jamur.

bukit Jamur

bukit jamur ini merupakan objek wisata yang paling terkenal di Bengkayang.
Bukit Jamur terletak di sebuah Kabupaten Bengkayang, tepatnya di provinsi Kalimantan Barat.
karena kami berada di Kota Pontianak  Untuk menuju ke tempat ini kami membutuhkan perjalanan yang cukup jauh agar kami bisa tiba di Kota Bengkayang Terlebih dahulu.

Pada Waktu itu kami berangkat dari Pontianak Pukul 11.00 WIB, Brum-brum mobil kami pun melaju melintasi berbagai kota yang kami lalui. Karena waktu di perjalanan saya minum Antimo (baca: karena  takut mabuk πŸ˜†). jadi saya bersama teman saya pun tertidur, sementara yang lainnya tetap fokus mengendarai mobil.

ketika diperjalanan Hujan pun turun, sangat deras. tiba- tiba  saya terbangun dari tidur hehehe..

brum..brummm mobil kami semakin melaju, melintasi hujan itu.... disepanjang perjalanan kami berdoa agar Hujan nya bisa berhenti ketika kami sampai di Kota Bengkayang, terbayangkan kalau mesti hujan- hujan naik bukit itu gimana rasanya πŸ˜“πŸ˜“πŸ˜“

tidak terasa waktu pun berlalu, pukul 12:30 kami berhenti di Sungai Pinyuh untuk makan siang. Setelah itu kami melanjutkan lagi perjalanan kami. brummm- brummm mobil kami semakin melaju singkat cerita pukul 16:30 WIB kami pun tiba di Kota Bengkayang.

kebetulan disana ada teman kami yang tinggal di kota Bengkayang, jadi kami pergi kerumahnya untuk menjemput dia terlebih dahulu. karena dia bilang kalau Bukit Jamur itu dekat dengan Rumahnya. seketika tiba dirumahnya kami disuguhkan teh panas, lumayan buat menghangatkan diri 😜, sambil menunggu dia menyiapkan peralatan yang mau dibawa.

ketemu warga disana menanyakan kami mau kemana? lalu saya menjawab mau ke Bukit Jamur.
wah kalau musim hujan jalan ke bukit itu licin banget, dan medan yang ditempuh cukup sulit. mendengar itu teman saya wah gimana kita mau naik keatas. Karena kami lagi semangat, ga apalah cuma hujan gerimis kok, palingan juga berhenti hujannya.

waktu itu hujan masih gerimis , kami ditemani oleh dua orang Tour guide kebetulan rumah meraka tepat dikaki bukit. kami pun melanjutkan perjalanan kami menuju bukit jamur.

hujan gerimis view dari mobil

benar kata warga sana kalau lagi musim hujan jalan kesana lumayan becek, disepanjang kaki bukit kami melihat sawah- sawah yang baru ditanami padi

wah sudah kelihatan kaki bukir jamur nya, cantik ya.. kami pun semakin bersemangat

tiba disana kami pun memarkirkan kendaraan kami di depan rumah warga, karena memang sudah disiapkan lahan tempat parkir. tarif parkir dihitung 1 mobil Rp100.000, kami waktu itu ada 4 mobil.
setelah itu kami pun menyiapkan barang- barang yang mau kami bawa keatas bukit. (makanan, minum, tenda, dll)

waktu itu masih hujan gerimis, kami tetap keukeh buat naik keatas, ditemani jas hujan plastik yang kami bawa.
team kami

ga lupa welfie dulu

kami pun melanjutkan perjalanan kami ke atas bukit , semangat team πŸ˜ŽπŸ˜ŠπŸ’ƒ

ketika kami naik keatas bukit, hujan mulai deras, tapi cuma sebentar karena kami melintasi kebun durian jadi hujan tidak begitu membasahi kami.

medan yang kami tempuh memang cukup berat apalagi ditemani hujan, capek banget .
naik keatas kami membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih karena medan yang dilalui sangat menanjak, sambil menahan nafas yang ter sengah-engah  dan kami tetap semangat melanjutkan perjalanan kami. tidak terasa saya dan teman saya pun hampir tiba dipuncak bukit, disana ada sebuah batu besar, dan saya beristirahat disana sambil merengangkan kaki saya. kemudian saya berbaring sebentar diatas batu itu.. dingin banget karena angin yang kenceng disertai hujan gerimis. dari sana kami sudah bisa melihat lampu- lampu dari kota bengkayang. cantik banget rasa capek saya tiba-tiba hilang.

perasaan waktu itu pokoknya bersyukur banget deh, padahal kami masih harus mendaki sekitar 20 menit agar kami bisa tiba di puncak bukit, setelah istirahat sejenak kami ber 5 pun melanjutkan pendakian , sementara teman kami yang lainnya masih belum tiba.

kami ber 4 ditemani adik kecil yang menemani kami naik keatas, saya salut sama anak itu kecil- kecil nyalinya luar biasa.

jreng-jreng kami pun sampai diatas bukit, ketika sampai disana kami mencari tempat untuk membangun tenda,karena waktu itu diatas sana juga ada beberapa pengunjung  yang bermalam disana juga.

saya pun mengistirahatkan diri sejenak , sambil menunggu teman- teman yang lainnya. ketika semua tiba kami pun mendirikan tenda, ketika kami mendirikan tenda hujan mulai turun lagi dan angin waktu itu sangat kenceng, kami semua kedinginan 😬😰😰😰😰😰

setelah selesai memasang tenda, puji Tuhan, hujan pun reda kami pun makan malam, dan teman yang lainnya mereka menyeduh kopi dan saya pun kemudian masuk ke dalam tenda camping untuk mengganti pakaian karena pakaian basah semua, setelah itu kami melanjutkan tugas kami masing- masing adanya bermain ,bercanda tawa dan lainnya. saya memilih untuk tidur karena waktu itu udah cukup malam sekitar pukul 11 malam , sementara teman yang lainnya masih sibuk dengan ngobrol- ngobrol.

sekian cerita saya bermalam di bukit jamur, lanjut ke episode berikutnya ya...πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†